Thursday, May 07, 2015

Bertemu Pelangi

  Bertemu pelangi, satu hal yang mungkin tidak pernah atau tidak bisa kita rencanakan. Pernahkah kamu mencari-cari pelangi? Mungkin, tapi apa pernah kamu dapatkan pelangi itu di pandanganmu saat mencarinya? Aku berani jamin, sekian banyak pelangi yang pernah kamu lihat itu datangnya tanpa kamu rencanakan.
Ada cahaya di matamu, kekaguman, senyum indah, saat bertemu pelangi. Tak selalu setelah hujan badai atau petir untuk pelangi datang menyapa, lewat rintik hujan yang membasahi tanah dengan kombinasi langit yang terang pun seringkali pelangi menampakkan dirinya.

  “Eh eeh, eeehhh ada pelangi! (Entah berteriak atau dalam hati). Lagi cakep banget nih pelanginya, eh HP gue mana nih HP, foto aaah.” Sedang di jalan tiba-tiba melihat pelangi, lalu berhenti sejenak untuk mengambil ponsel dan berusaha sebisa mungkin menggambil gambar pelangi itu sebagus mungkin, untuk diabadikan.
“Wiiiih ada pelangi tuh, cakep ya, subhanallah...” Terus memandangi pelangi sambil berdecak kagum, entah tak terpikirkan untuk mengabadikan momennya dengan sebuah poto, atau memang pelangi saat itu hanya untuk dikagumi saja.
Ada pelangi di matamu? Ah tidak, bagiku pelangi itu adalah kamu.

  Ya kek tiba-tiba lo liat cewek cakep (tergantung selera), lo pasti ngeliatin mulu kan. Ya seenggaknya bikin gak ngedip selama beberapa detik deh, begitupun sebaliknya. Hanya kalau cewek rada malu-malu aja kalau ngeliatin cowok cakep, paling ya curi-curi pandangnya tipis-tipis gitu. Kalau cowok mah niatnya curi-curi pandang, tapi ketara banget lagi melototinnya.
Gini, kamu tahu gak waktu pertama kali aku liat kamu? Ya kek aku liat pelangi, indah banget. Tapi awalnya aku cuma bisa memandangi kamu aja sih, gak kepikiran buat bisa milikin kamu. Tapi kedua dan ketiga kali aku liat kamu, kok aku ada yang beda di hati aku ya? Semacam ada getaran-getaran yang udah lama gak pernah dirasain sama hati ini.
Jatuh cinta pada pandangan pertama? Mungkin aja. Cuma sekedar suka? Mungkin juga. Atau penasaran aja? Gak ada yang gak mungkin. Yang jelas mulai saat itu aku coba beraniin diri buat texting kamu, sampai beberapa hari dan akhirnya lebih beraniin diri lagi buat ngajak ketemuan.

  Akhirnya kamu mengiyakan ajakan aku, terus pertama kali kita nge-date tuh nonton ya, habis nonton ngopi-ngopi bentar, terus balik. Sebentar banget sih, tapi gak ada habisnya tuh jantung aku dag dig dug selama di deket kamu, cie. Lalu setelah itu kembali pedekate, sampai pertemuan kedua kita. Kita janjian mau makan sop duren, karena kebetulan kita sama-sama suka duren, pas banget sih. Kali kedua kita jalan itu, waktunya lebih lama, kita mulai saling terbuka dan sama-sama bilang, kalau masing-masing dari kita lagi gak pengen pacaran dulu. Tapi kok tau-tau ya ini mulut seolah dipaksa sama hati untuk bilang kalau aku mau ngejalanin hubungan sama kamu, nekat. Ya jawaban klasik sih yang aku dapet dari kamu; “Iya, kita jalanin aja dulu…”.
Tapi yaudah gak apa jalanin aja dulu, sekalian mastiin perasaan aku ke kamu tuh sebenernya gimana? Dan akhirnya seiring waktu berjalan ya aku sayang dan makin sayang terus sama kamu, kita sama-sama yakin buat ngejalanin hubungan ini.

  Memasuki fase pacaran sih ya baik-baik aja, walaupun aku tahu kamu itu tipe cewek yang super duper cuek, kalah deh ikan. Kamu bukan tipe cewek yang pada umumnya kelakuannya suka manja-manjaan sama pacarnya, tapi malah yang manjanya beneran secara sifat. Maksudnya gini, cowok mah seneng kalau ceweknya kadang berkelakuan manja ke cowoknya, minta dimanjaain kek kucing dielus-elus, gelendotan, minta dipijitin, digendong atau minta dibelanjain gitu, ehe. Bukan yang manja secara sifat, misalnya apa-apa harus bergantung sama Orang tua dan lain-lainnya. Belum lagi sifat keras kepalanya kamu, kalah deh batu akik. Pokoknya cuek banget deh. Ya tapi aku tau semua butuh proses, aku gak ngeluh soal itu, aku tetep sayang kamu, malah makin sayang terus sampai aku nulis ini di blog.
Tapi belakangan aku tau, sebenarnya kamu gak gitu orangnya. Sebenarnya kamu cuek dan serba tertutup gitu yak karena ada suatu hal yang bikin kamu kek gini sebelum kenal sama aku, ya aku coba pahamin, aku coba ngerti, aku coba sabar, aku yakin semakin kita bersama semakin  kita bisa memahami satu sama lain.

  Semakin hari semakin kita mengetahui, lebih mengenal satu sama lain. Perdebatan, pertengkaran pun tak terelakkan. Tapi kita juga selalu menemukan cara untuk bahagia berdua, hingga saat ini. Itu semua karena cinta, cinta yang menguatkan aku.
Tiap kamu cuek ke aku, lagi marah sama aku, gak perhatian, gak peduli, gak ngehargain, aku gak apa. Gak ada capeknya aku selalu bilangin ke kamu yang seharusnya gimana, ya gak seharusnya gimana, ya pokoknya aku selalu bilangin mana yang bener mana yang gak, mana yang harus dilakuin mana yang gak. Walaupun mungkin aja kamu cuma sekedar dengar masuk kuping kanan keluar kuping kiri atau cuma sekedar dibaca kalau lagi via text, tapi gak masuk ke hati dan otak buat dipikirin.
Aku coba buat sabar terus, padahal aku termasuk orang yang temperamen juga, tapi semua orang juga tau kalau batu gak bisa dilawan sama batu lagi, bisa pecah berantakan. Tetesan air yang lembut bila menetes terus menerus di sebuah batu, lama kelamaan akan tembus juga kok.
Toh aku begini juga bukan buat aku aja kok, biar hubungan kita makin dewasa dan baik-baik aja dan buat kamu juga. Toh walaupun umpama nanti kamu udah gak sama aku(amit-amit ini sih), kamu jadi udah tau bagaimana memperlakukan orang lain yang sepantasnya, bagaimana memperlakukan pasangan kamu sendiri sebaik mungkin, pokoknya apa yang seharusnya kamu lakukan dan apa yang gak seharusnya kamu lakukan kamu bisa paham dan menerapkannya di hidup kamu.

  Bukan karena kamu pernah dikecewakan, dikhianati, sampai dicampakkan, atau apapun yang menyakitkan kamu oleh sesseorang sebelumnya terus kamu jadi membalas itu semua ke orang yang sekarang sama kamu. Balas dendam itu gak akan ada habisnya, apaplagi bukan ke orang yang seharusnya.
Cobalah berdamai dengan masa lalu, berdamai dengan diri sendiri, tinggalkan semua yang menyakitkan. Semua hanya untuk pembelajaran, jalani yang sekarang dan siapkan masa depan. Mari kita berbahagia.

  Tapi aku sedih, belum begitu lama kita bersama kamu malah udah mau pergi aja. Harusnya sebuah hubungan yang masih seumur jagung ini belum saatnya dapet cobaan yang berat kek gini sih, tiba-tiba Papi kamu berencana pindah ke Canada dan akhirnya kamu memutuskan untuk ikut mereka ninggalin aku di sini. Maksudnya kalau pindah tuh ya jangan jauh-jauh amat kenapa sih, biar bisa disusul. Orang Amerika aja bilang Canada jauh, apalagi aku dari Indonesia? -_____-
Kamu pergi jauh, kamu pergi gak sendirian tapi kamu pergi bawa cinta aku, ninggalin aku sendiri dengan sebuah janji yang tak pasti untuk kembali. Kenapa aku bilang janji kamu gak pasti? Ya sekarang gini aja, untuk bisa jadi warga Negara sana aja kamu harus menetap selama tiga tahun, gak boleh balik dulu. Tega banget suruh aku nunggu selama itu? Iya kalau udah tiga tahun kamu balik ke sini, kalau kamu udah dapet pengganti aku gimana? Ya aku sih bisa aja setia dan nunggu kamu, tapi kamu? Aku gak yakin. Belum lagi pasti ada tekanan dari Orangtua kamu di sana, entah dikenalin sama bule-bule sanalah atau tiba-tiba ada bule yang deketin kamu, semuanya bisa terjadi. Ya gak menutup kemungkinan semua juga bisa terjadi di aku.
Oke anggaplah kita berdua udah bener sama-sama setia gak saling mengkhianati, tapi dari kejadian-kejadian yang pernah kamu certain ke aku, Orangtua kamu lebih memungkinkan untuk memaksakan jodoh untuk kamu. Aku gak tau apa kita bisa lewatin semuanya, karna semua belum kejadian, dari tulisan ini dibuat tinggal menghitung hari untuk kepergian kamu. Sedih sih ya pasti sedih banget lah gak usah ditanya lagi, tapi ya mau gimana aku cuma bisa menunggu.

  Pelangi yang aku punya kini akan menjauh, masih tetap indah namun aku hanya bisa melihatnya dari jauh nanti. Semoga warnanya tidak memudar dan akan kembali lagi. Akankah aku akan bertemu dengan pelangiku lagi? Semoga saja.

No comments:

Post a Comment